Akuntansi dan Keuangan Lembaga

TUJUAN PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA

Tujuan umum Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 3 Kolaka Utara adalah menghasilkan para teknisi akuntansi yang mencakup knowledge (pengetahuan), skills (ketrampilan), dan attitude (sikap kerja) serta mampu mengembangkan ilmu dan teknologi terapan akuntansi yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Sedangkan secara khusus Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga bertujuan menyiapkan siswa/tamatan :

  1. Memasuki lapangan kerja dan dapat mengembangkan sikap profesional sebagai Teknisi Akuntansi.
  2. Mampu mengelola dokumen transaksi keuangan entitas ETAP.
  3. Mampu mengelola dokumen transaksi keuangan entitas publik.
  4. Mampu menyajikan laporan keuangan entitas ETAP.
  5. Mampu menyajikan laporan keuangan entitas publik/pemerintahan.
  6. Mampu menyajikan laporan harga pokok produk.
  7. Mampu mengoperasikan paket program pengolah angka/spreadsheet.
  8. Mampu mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi (MYOB) secara akurat.
  9. Melakukan pengelolaan dokumen perpajakan.
  10. Melakukan perhitungan dan pelaporan pajak.
  11. Menjadi warga negara yang produktif, adaptif, dan kreatif.

Peluang Kerja

Prospek kerja lulusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 3 Kolaka Utara sangat luas. Semua bidang pekerjaan membutuhkan lulusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga, seperti:

1. Staf Akuntansi/Keuangan Perusahaan

Staf Akuntansi adalah salah satu posisi yang paling dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Seorang staf akuntansi akan bertanggung jawab untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan dengan cara mengelola keuangan dengan tepat.

Menjadi staf akuntansi merupakan posisi yang kompleks dengan tugas yang bermacam-macam. Oleh sebab itu, orang yang ingin mengisi posisi ini haruslah mengerti apa saja tugas dan keahlian yang dimiliki.

2. Staf Akuntansi / Keuangan di Instansi Pemerintah

Seperti staf akuntansi pada perusahaan swasta, staf akuntansi di instansi pemerintah juga bertugas dan bertanggung jawab melakukan pencatatan serta pengklasifikasian semua transaksi sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh instansi tersebut, secara tepat dan akurat. Pencatatan serta pengelompokan semua transaksi ini memiliki standar aturan tersendiri.

3. Staf Perpajakan

Staf perpajakan adalah orang yang bertugas melakukan segala pencatatan, pembayaran, pelaporan, hingga pengawasan proses administrasi yang berkaitan dengan pajak suatu perusahaan.

Pegawai di bidang perpajakan biasanya bekerja pada divisi atau departemen keuangan, salah satu bagian terpenting dalam suatu struktur perusahaan.

4. Kasir

Kasir adalah profesi yang bertanggungjawab melayani pembayaran yang dilakukan pelanggan. Setelah itu, ia juga akan melakukan pencatatan barang yang dibeli.

Disebutkan juga bahwa kasir akan selalu berhadapan langsung dengan pembeli, sehingga mereka harus memiliki skill melayani pelanggan dan mengenal produk yang dijual.

5. Teller

Seorang teller umumnya bekerja pada sebuah bank. Teller adalah posisi yang akan melayani nasabah untuk melakukan transaksi. Bentuk transaksi tersebut ada berbagai macam, seperti menabung, menarik uang, melakukan transfer, hingga melakukan pembayaran lainnya.

Teller berada di bagian front office. Jadi, bisa dibilang bahwa teller adalah sosok yang ada di garda terdepan sebuah bank sehingga bagaimana teller memberikan service kepada nasabah akan menentukan reputasi bank tersebut.

6. Staf Administrasi

Staf administrasi adalah salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari perusahaan. Pasalnya, posisi ini cukup memegang peranan penting bagi keberlangsungan kegiatan operasional suatu bisnis.

Seorang staf administrasi perkantoran dituntut melakukan pengorganisasian data, dokumen, keperluan kantor hingga jadwal-jadwal dari petinggi di suatu perusahaan. Belum lagi, ia juga harus punya kemampuan dalam menguasai teknologi.

7. Customer Service

Customer service atau layanan pelanggan adalah menyediakan informasi atau layanan terkait barang dan jasa yang diperdagangkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini juga ditujukan untuk menarik minat calon pembeli. Customer service akan melayani pertanyaan, saran, juga keluhan konsumen kemudian memberikan saran yang sesuai untuk menyelesaikan persoalan konsumen dalam menggunakan produk atau layanan perusahaan.

8. Wirausaha

Wirausaha adalah kegiatan usaha atau bisnis mandiri di mana segala sumber daya dan upaya dibebankan kepada pelaku usaha. Seluruh kegiatan tersebut mulai dari mengenali produk baru, menentukan cara produksi, menyusun suatu operasi, memasarkan, serta mengatur permodalannya. Seseorang yang melakukan kegiatan wirausaha disebut wirausahawan atau entrepreuner.

Kegiatan Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Loading